BAB
III
METODOLOGI
PENELITIAN
A.
Tujuan
Penelitian
Berdasarkan masalah-masalah yang telah peneliti rumuskan, maka tujuan
penelitian ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat (sahih, benar,
valid) dan dapat dipercaya (dapat diandalkan, reliable) tentang hubungan antara
manajemen sekolah dengan mutu pendidikan pada SMA ‘BAGUS’ di Jakarta.
B.
Tempat
dan Waktu Penelitian
Penelitian
dilakukan di SMA Negeri ‘BAGUS’
di Jakarta Selatan.
Peneliti memilih SMA ‘BAGUS’
karena sekolah tersebut merupakan sekolah negeri yang memiliki kredibilitas dan
diakui oleh masyarakat setempat sebagai salah satu SMA favorit namun 3 tahun belakangan
mengalami penurunan kualitas.
Waktu
penelitian dilaksanakan selama 6 (enam) bulan, dimulai pada bulan Januari 2012
sampai dengan bulan Juni 2012. Alasan waktu
tersebut dipilih karena peneliti ingin mendapatkan data
selama satu semester di tempat penelitian. Selain Waktu tersebut merupakan waktu yang tepat bagi peneliti
karena peneliti sudah tidak terlalu disibukkan dengan jadwal kegiatan perkuliahan.
C.
Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey.
Metode ini dipilih karena sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai,
yakni memperoleh informasi yang bersangkutan dengan status gejala pada saat
penelitian dilakukan.
D.
Teknik Pengambilan Sampel
Populasi yang
diambil dalam penelitian ini adalah ‘BAGUS’ di Jakarta
Timur dengan populasi terjangkau adalah siswa
‘BAGUS’ dengan jumlah 1000 orang dan sampelnya adalah siswa
kelas 2 dan 3 dengan jumlah 150 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik
acak sederhana (random sampling technique). Teknik ini digunakan dengan
pertimbangan bahwa setiap populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih.
E.
Instrumen Penelitian
1.
Mutu Pendidikan
a) Definisi Konseptual
Mutu
pendidikan adalah ukuran baik buruk sesuai dengan standar berdasarkan
kebutuhan.
b)
Definisi Operasional
Indikator dari mutu pendidikan dapat dilihat dari input
(masukan), process (proses), output (hasil).
c)
Kisi-kisi
Instrumen Mutu
Pendidikan
d) Validitas Instrumen Mutu Pendidikan
2. Manajemen Sekolah
a)
Definisi Konseptual
Manajemen sekolah
adalah proses dan caraa untuk mecapai suatu tujuan sekolah.
b)
Definisi
operasional
Indikator
dalam manajemen sekolah adalah planning (perencanaan). organizing (organisasi),
actuating (pergerakan), dan controlling (pengawasan).
c) Kisi-kisi Instrumen Manajemen
Sekolah
d) Validitas Instrumen Manajemen
Sekolah
G.
Teknik Analisis Data
1. Mencari Persamaan Regeresi : Ŷ
= a +bX
2. Uji Persyaratan Analisis
a. Menguji
Normalitas Galat Taksiran Regresi Y atas X (Y-Ŷ)
·
Hipotesis Statistik :
Ho : Galat Taksiran
Regresi Y atas X berdistribusi normal
Hi : Galat Taksiran Regresi Y atas X tidak
berdistribusi normal
·
Kriteria Pengujian :
Jika Ltabel> Lhitung
maka terima Ho, berarti galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi
normal
b. Uji Linieritas Regresi
·
Hipotesis Statistik :
Ho
: Ŷ = α+βX
Hi : Ŷ ≠
α+βX
·
Kriteria Pengujian :
Terima Ho jika Fhitung<
Ftabeldan ditolak jika Fhitung> Ftabelmaka
Regresi dinyatakan Linier jika Ho diterima
3. Uji Hipotesis
a. Uji Keberartian Regresi
·
Hipotesis Statistik :
Ho : β = 0
Hi : β ≠ 0
·
Kriteria Pengujian:
Ho diterima jika Ftabel<
Fhitung dan ditolak jika Ftabel> Fhitung
maka Regresi dinyatakan berarti jika menolak Ho
b. Perhitungan Koefisien Korelasi
Menggunakan Rumus Product
Moment dari Pearson
c. Uji Keberartian Koefisien Korelasi (Uji t)
·
Uji ini untuk mengetahui signifikansi koefisien korelasi menggunakan uji t
·
Hipotesis Statistik :
Ho : ρ = 0
Hi : ρ ≠ 0
·
Kriteria Pengujian :
Ho diterima jika thitung<
ttabel dan ditolak jika thitung> ttabel
berarti korelasi signifikan jika Hi diterima
4. Perhitungan Koefisien Determinasi
·
Untuk mengetahui berapa besar variasi variabel Y ditentukan variabel X
DAFTAR PUSTAKA
Aquib,
Zainal. 2010. Membangun Prestise Sekolah
Standar Nasional
(SSN) dan Sekolah
Berstandar Internasional (SBI).
Bandung: CV Widya Didanta,
Made. 1997. Landasan Kependidikan.
Jakarta: Rineka
Cipta
L,
Jimmy Goal. 2008. Sistem Informasi
Manajemen Pemahaman dan
Aplikasi Terjemah. Jakarta: Grasindo
Nasution,
MM. 2001. Total Quality Management (TQM).
Jakarta:
Bina Aksara
Philip
H. Coomb. 2008. The Word Education Crisis Sytem Analysis.
New
York : Oxford University
Tjipto
Fandi. 1995. Total Quality Management
(TQM). Yogyakarta:
Andi Offset
Depdikbud. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:
Balai
Pustaka
Jurnal
Evaluasi Mutu Guru Pendidikan Dasar Dalam Rangka Sertifikasi
Majalah Gatra, Artikel PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI
PEMBERDAYAAN
PENGAWAS SEKOLAH
Profesi Pendidik Di Sumatra Utara. Media litbang Sumatra utara, 2009
Tim
Redaksi Fokusmedia , UU no 14 tentang
guru dan dosen (Bandung : Fokusmedia, 2005)
Kompas edisi senin 12
maret 2007
Kompas,
Edisi jumat, 30 September 2011 (Editor : Enrico)
Media Indonesia edisi
rabu 10 agustus 2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar