WELCOME

Jadikan Hidup Anda Lebih Baik Dan Bermanfaat Bagi Orang Lain

Selasa, 26 Juni 2012

Contoh BAB III (tiga) Skripsi


BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A.     Tujuan Penelitian       
Berdasarkan masalah-masalah yang telah peneliti rumuskan, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat (sahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (dapat diandalkan, reliable) tentang hubungan antara manajemen sekolah dengan mutu pendidikan pada SMA ‘BAGUS’ di Jakarta.

B.        Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian dilakukan di SMA Negeri ‘BAGUS’ di Jakarta Selatan. Peneliti memilih SMA ‘BAGUS’ karena sekolah tersebut merupakan sekolah negeri yang memiliki kredibilitas dan diakui oleh masyarakat setempat sebagai salah satu SMA favorit namun 3 tahun belakangan mengalami penurunan kualitas.
Waktu penelitian dilaksanakan selama 6 (enam) bulan, dimulai pada bulan Januari 2012 sampai dengan bulan Juni 2012. Alasan waktu tersebut dipilih karena peneliti ingin mendapatkan data selama satu semester di tempat penelitian. Selain Waktu tersebut merupakan waktu yang tepat bagi peneliti karena peneliti sudah tidak terlalu disibukkan dengan jadwal kegiatan perkuliahan.

C.    Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Metode ini dipilih karena sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai, yakni memperoleh informasi yang bersangkutan dengan status gejala pada saat penelitian dilakukan.

D.    Teknik Pengambilan Sampel
Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah ‘BAGUS’ di Jakarta Timur dengan populasi terjangkau adalah siswa ‘BAGUS’ dengan jumlah 1000 orang dan sampelnya adalah siswa kelas 2 dan 3 dengan jumlah 150 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana (random sampling technique). Teknik ini digunakan dengan pertimbangan bahwa setiap populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih.

E.     Instrumen Penelitian
1.  Mutu Pendidikan
a)    Definisi Konseptual
Mutu pendidikan adalah ukuran baik buruk sesuai dengan standar berdasarkan kebutuhan.
b)    Definisi Operasional
Indikator dari mutu pendidikan dapat dilihat dari input (masukan), process (proses), output (hasil).
c)    Kisi-kisi Instrumen Mutu Pendidikan
d)    Validitas Instrumen Mutu Pendidikan

2.  Manajemen Sekolah
a)    Definisi Konseptual
Manajemen sekolah adalah proses dan caraa untuk mecapai suatu tujuan sekolah.
b)    Definisi operasional
Indikator dalam manajemen sekolah adalah planning (perencanaan). organizing (organisasi), actuating (pergerakan), dan controlling (pengawasan).
c)    Kisi-kisi Instrumen Manajemen Sekolah
d)    Validitas Instrumen Manajemen Sekolah



G.       Teknik Analisis Data
1. Mencari Persamaan Regeresi : Ŷ =  a +bX
2. Uji Persyaratan Analisis
     a. Menguji Normalitas Galat Taksiran Regresi Y atas X (Y-Ŷ)
·      Hipotesis Statistik :
Ho : Galat Taksiran Regresi Y atas X berdistribusi normal
Hi  : Galat Taksiran Regresi Y atas X tidak berdistribusi normal
·      Kriteria Pengujian :
Jika Ltabel> Lhitung maka terima Ho, berarti galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal
b. Uji Linieritas Regresi
·      Hipotesis Statistik :
                   Ho : Ŷ =  α+βX
Hi  : Ŷ ≠  α+βX
·      Kriteria Pengujian :
Terima Ho jika Fhitung< Ftabeldan ditolak jika Fhitung> Ftabelmaka Regresi dinyatakan Linier jika Ho diterima
3. Uji Hipotesis
a. Uji Keberartian Regresi
·      Hipotesis Statistik :
Ho : β = 0
Hi  : β 0
·      Kriteria Pengujian:
Ho diterima jika Ftabel< Fhitung dan ditolak jika Ftabel> Fhitung maka Regresi dinyatakan berarti jika menolak Ho
b. Perhitungan Koefisien Korelasi
       Menggunakan Rumus Product Moment dari Pearson
c. Uji Keberartian Koefisien Korelasi (Uji t)
·      Uji ini untuk mengetahui signifikansi koefisien korelasi menggunakan uji t
·      Hipotesis Statistik :
Ho : ρ = 0
Hi  : ρ0
·      Kriteria Pengujian :
Ho diterima jika thitung< ttabel dan ditolak jika thitung> ttabel berarti korelasi signifikan jika Hi diterima
4. Perhitungan Koefisien Determinasi
·      Untuk mengetahui berapa besar variasi variabel Y ditentukan variabel X






DAFTAR PUSTAKA
Aquib, Zainal. 2010. Membangun Prestise Sekolah Standar Nasional  
(SSN) dan Sekolah Berstandar Internasional (SBI). Bandung: CV  Widya Didanta, Made. 1997. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka
Cipta
L, Jimmy Goal. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pemahaman dan
Aplikasi Terjemah. Jakarta: Grasindo
Nasution, MM. 2001. Total Quality Management (TQM). Jakarta:
Bina Aksara
Philip H. Coomb. 2008. The  Word Education Crisis Sytem Analysis.
New York : Oxford University
Tjipto Fandi. 1995. Total Quality Management (TQM). Yogyakarta:
Andi Offset
Depdikbud. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:
Balai Pustaka
Jurnal Evaluasi Mutu Guru Pendidikan Dasar Dalam Rangka Sertifikasi Majalah Gatra, Artikel PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI
PEMBERDAYAAN PENGAWAS SEKOLAH
Profesi Pendidik Di Sumatra Utara.  Media litbang Sumatra utara, 2009
Tim Redaksi  Fokusmedia , UU no 14 tentang guru dan dosen (Bandung : Fokusmedia, 2005)
Kompas edisi senin 12 maret 2007
Kompas, Edisi jumat, 30 September 2011 (Editor : Enrico)
Media Indonesia edisi rabu 10 agustus 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar