RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA N 999 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XI IPS 3/1
Materi Pokok : Perekonomian Terbuka
Alokasi Waktu : 1 x 15 menit
Pertemuan ke : 23
Stándar Kompetensi : Siswa SMA
kelas XI mampu memahami perekonomian terbuka.
Kompetensi Dasar : Mampu mengidentifikasi teori – teori perdagangan internasional dan manfaatnya.
Indikator : Tujuh puluh lima persen siswa kelas XI mampu
mengidentifikasi dan menghitung manfaat perdagangan internasional berdasarkan
teori perdagangan internasional setelah diterangkan guru.
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini siswa mampu
mengidentifikasi dan menghitung manfaat perdagangan internasional.
2. Materi Pembelajaran
Teori Perdagangan
Internasional
3. Pendekatan Pembelajaran
a. Model Pembelajaran : active learning,
cooperatif learning
b. Metode Pembelajaran : Ceramah dan tanya jawab
4. Media Pembelajaran
LCD, laptop, power point (slide) , papan
tulis, spidol, dan penghapus
5. Sumber Belajar
a. Buku Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XI.
Pengarang: Alam S. Tahun 2007. Jakarta. Penerbit : Esis. Halaman
b. Buku Ekonomi kelas XI SMA.
Pengarang: Mandala M.. Tahun
2008. Jakarta. Penerbit : Erlangga. Halaman 105
6. Langkah-langkah dalam pembelajaran :
Bag.
|
Kegiatan Pembelajaran
(disertai karakter bangsa yang
ditanamkan ke siswa)
|
Alokasi
Waktu
|
A.
|
Kegiatan awal :
1) Mengkondisikan Kelas
a) Mempersilakan ketua kelas untuk memimpin doa
(karakter
religius)
b) menyiapkan siswa secara fisik dan psikis
(cinta damai)
c) Menyapa,
menanyakan kabar, dan mengabsen pesera didik
(ramah
dan bersahabat)
d) Menanyakan/review
sedikit mengenai materi yang lalu (disiplin)
e) Membacakan dan menjelaskan KD, proses, dan
tujuan
pembelajaran
yang akan dicapai
f) Memotivasi
peserta didik bahwa materi yang akan disampaikan
penting,
relevan dengan keadaan bangsa, dan menarik
(cinta
tanah air)
|
3 Menit
|
B.
|
Kegiatan Inti :
1) Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a) Menjelaskan secara teori perdagangan internasional beserta
manfaatnya dengan menggunakan power point, papan tulis, spidol dan sumber
bahan ajar.
b) Melibatkan peserta didik secara aktif,
dengan bantuan buku dan data terkait, dalam menemukan contoh serta alasan dan
manfaat terjadinya perdagangan internasional dengan tanya jawab (aktif, ingin
tahu)
2) Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a) Menanyakan materi kepada siswa dan
meminta pandangan siswa (komunikatif)
b) Memberi kesempatan kepada siswa untuk
bertanya (demokrasi)
3)
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a) Memberikan penguatan positif terhadap
hasil kerja kelompok diskusi (menghargai prestasi, jujur)
b) Membuat refleksi singkat tentang kesan
yang dirasakan serta pengetahuan yang didapat hari ini (bersahabat)
|
10 Menit
|
C.
|
Kegiatan Akhir :
1)
Review
a) Guru memberi kesempatan kepada salah
satu peserta didik untuk menyimpulkan
(mandiri)
b) Guru membenarkan atau melengkapi
kesimpulan
(menghargai prestasi)
2)
Penugasan
Guru memberikan tugas kepada
masing-masing kelompok untuk mengituung dan menjawab pertanyaan mengenai teori
perdagangan internasional antara dua negara.(kerja keras)
|
2 Menit
|
7. Penilaian
Penilaian tugas rumah (kelompok)
*bentuk instrumen penilaian yang akan digunakan
dan metode penskoran terlampir
LEMBAR PENGESAHAN
Jakarta, 7 Mei 2012
Guru Pamong, Guru Mata Pelajaran,
Smart Man, S.Pd Handsome, CS.Pd
NIP. 01.04677.9866 NIM. 8105091571
NIP. 01.04677.9866 NIM. 8105091571
Mengetahui,
Kepala SMA NEGERI 999 JAKARTA, Dosen Pembimbing,
Drs.Beautiful, MM Dr. Charming.
NIP. 131880322
.866 NIP. 10102 09202 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar